1. Gabungan Kelompok Tani/Koperasi Tani/Koperasi Produsen
    • Apa Tugas Gabungan Kelompok Tani?
      Bekerjasama langsung dengan petani menampung hasil bumi dengan kualitas baik dan jumlah cukup
    • Apakah ada fasilitas khusus yang wajib dimiliki Gabungan Kelompok Tani?
      Memiliki fasilitas gudang dengan luas yang cukup untuk menyimpan hasil bumi sementara waktu dan memiliki karyawan yang cukup untuk membantu proses
    • Bagaimana cara Gabungan Kelompok Tani menjual barang?
      Melaporkan hasil panen up to date disertai harga permintaan melalui web/app dan trasnparan serta jujur tentang kualitas hasil bumi yang dijual dalam jangka waktu tertentu
    • Apakah Gabungan Kelompok Tani bisa menjual barang di luar harga yang tercantum di web/app?
      Agen Tani diperkenankan menjual produk hasil tani maksimal sesuai harga eceran tertinggi yang ditentukan/harga jual di web/app dan Gabungan Kelompok Tani bersedia mematuhi ketentuan yang diberikan tentang maksimum penyimpanan hasil bumi dalam jangka waktu tertentu
    • Berapa perkiraan keuntungan yang dihasilkan oleh Agen Tani?
      Keuntungan Gabungan Kelompok Tani adalah selisih harga jual ke konsumen dikurangkan dengan harga beli ke petani
    • Bagaimana cara pembayaran yang dilakukan ke Gabungan Kelompok Tani?
      Pembayaran dilakukan secara cash/transfer antar rekening dengan cash discount
    • Mengapa hasil bumi yang telah didaftarkan melalui web/app tidak langsung dibeli?
      Hasil bumi yang didaftarkan ke dalam web/app akan di urutkan sesuai kualitas dan atau kuantitas persediaan dan atau harga jual, sehingga secara otomatis hasil bumi yang akan habis lebih dulu adalah hasil bumi dengan kualitas dan atau kuantitas dan atau harga jual terbaik
    • Berapa lama pembayaran masuk ke dalam rekening?
      Pembayaran akan dilakukan Qopnet kepada Kelompok Tani selambat – lambatnya 3 (tiga) hari kerja sejak Purchase Order diterbitkan oleh pihak konsumen
    • Apakah ada biaya pendaftaran?
      Tidak ada
  2. Agen Tani/Koperasi Karyawan/Koperasi Konsumen
    • Apa Tugas Agen Tani?
      Menjadi pusat distribusi kepada konsumen perorangan di wilayah sekitar

    • Apakah ada fasilitas khusus yang wajib dimiliki Agen Tani?
      Memiliki fasilitas gudang dengan luas yang cukup untuk menyimpan hasil bumi sementara waktu dan memiliki karyawan yang cukup untuk membantu proses distribusi ke konsumen

    • Bagaimana cara Agen Tani menjual barang?
      Agen Tani bersedia mematuhi ketentuan yang diberikan tentang maksimum penyimpanan hasil bumi dalam jangka waktu tertentu dan transparan serta jujur tentang kualitas hasil bumi yang dijual dalam jangka waktu tertentu

    • Apakah Agen Tani bisa menjual barang di luar harga yang tercantum di web/app?
      Agen Tani diperkenankan menjual produk hasil tani maksimal sesuai harga eceran tertinggi yang ditentukan/harga jual di web/app

    • Berapa perkiraan keuntungan yang dihasilkan oleh Agen Tani?
      Keuntungan Agen Tani adalah selisih harga jual ke konsumen dikurangkan dengan harga beli ke produsen, maksimal keuntungan tiap produk sebesar 12%

    • Bagaimana cara pembayaran yang dilakukan ke Agen Tani?
      Pembayaran oleh konsumen bisa dengan cara cash on delivery atau transfer antar rekening.

    • Bagaimana cara pengambilan barang oleh konsumen ke Agen Tani?
      Konsumen bisa mengambil langsung barang pesanan ke Agen Tani atau kirim via kurir dari agen Tani terdekat

    • Apakah ada biaya tambahan apabila pengiriman barang menggunakan kurir?
      Ada. Biaya pengiriman barang menggunakan kurir ditanggung oleh pihak konsumen, kecuali dinyatakan lain oleh Qopnet/Agen Tani dalam promo tertentu.

    • Apakah konsumen perorangan bisa mengajukan diri sebagai agen Tani?
      Bisa. Dengan melakukan pembelian barang dalam jumlah tertentu maka konsumen perorangan akan langsung mendapatkan diskon sesuai harga jual barang dari Agen Tani. Saat ini pembelian barang paling sedikit 100 buah paket A/paket B (sekaligus dalam satu kali pemesanan) maka pengguna sudah langsung memiliki hak sebagai Agen Tani.

    • Apakah memungkinkan mengambil barang selain dari Qopnet?
      Bisa. Agen Tani diperbolehkan mengambil barang dari tempat selain dari Qopnet

    • Apakah memungkinkan untuk tidak membayar dimuka barang yang dipesan ?
      Pembayaran mundur (paling lama 28 hari kalender) oleh Agen Tani/Koperasi Karyawan bisa dilakukan apabila diijinkan oleh Qopnet dan dibuktikan dengan perjanjian kerjasama dengan pihak Qopnet

    • Apabila pembayaran dilakukan dengan cara transfer antar rekening, berapa lama pembayaran masuk ke dalam rekening?
      Apabila pembayaran oleh konsumen dilakukan secara transfer, maka Agen Tani akan menerima dana selambat – lambatnya 1 (satu) hari setelah Konfirmasi Pembayaran diterbitkan oleh Qopnet kepada konsumen

    • Bagaimana kriteria khusus koperasi karyawan?
      Koperasi Karyawan adalah badan usaha Koperasi yang menaungi karyawan dari sebuah perusahaan sebagai anggotanya, biasanya berjumlah sedikitnya 15 (lima belas)orang anggota. Anggota dari Koperasi Karyawan adalah karyawan sebuah perusahaan yang secara rutin menerima penghasilan dari upah yang diterima setiap bulannya dari perusahaan tempat karyawan bekerja.

    • Apakah jumlah Agen Tani dibatasi dalam suatu wilayah tertentu?
      Agen Tani saat ini dibatasi paling banyak 1 (satu) agen tiap kelurahan tidak termasuk Koperasi Karyawan, tetapi apabila Koperasi Karyawan ingin memiliki hak sebagai Agen Tani maka berlaku batasan wilayah tersebut.

    • Apakah ada biaya pendaftaran?
      Tidak ada

    • Berapa lama waktu pengiriman barang?
      Barang akan dikirim selambat – lambatnya 2 (dua) hari kerja sejak pembayaran diterima oleh Kelompok Tani, atau 5 (lima) hari kerja sejak diterbitkannya Purchase Order oleh Agen Tani

    • Berapa lama barang sampai di alamat pengiriman?
      Pengiriman dari Agen Tani kepada pengguna mengikuti jam kerja Agen Tani, biasanya antara pukul 09.00 sampai dengan pukul 17.00, apabila konfirmasi pembayaran dilakukan tepat pada pukul 17.00 maka pengiriman barang akan dilakukan esok harinya

    • Apakah bisa memesan barang per item tanpa paket?
      Saat ini kami sedang melakukan survei kepada pengguna mengenai hal tersebut, silakan mengisi form survei singkat kami di sini, kami menerima semua masukan dari pengguna terkait dengan item apa saja yang sebaiknya bisa dibeli terpisah di luar paket

    • Apakah layanan Qopnet sudah tersedia di seluruh Indonesia?
      Saat ini kami sedang membuka peluang bagi Agen Tani di seluruh wilayah Indonesia, sementara layanan kami baru mencakup wilayah sebagai berikut

      • DKI Jakarta
        Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara
      • Banten
        Kota Tangerang
      • Jawa Barat
        Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Bandung
      • Jawa Tengah
        Kota Semarang
    • Apakah ada prosedur pengembalian barang di Qopnet?
      Ada

    • Bagaimana caranya jika ingin mengembalikan pesanan yang tidak sesuai pesanan?
      Segera hubungi kami melalui sales@qopnet.id atau petugas koperasi tempat membeli barang.

    • Apa saja syarat barang pesanan yang bisa dikembalikan?
      Rusak secara fisik saat barang diterima, dan sudah melebihi tanggal kadaluarsa. Akan ada pemeriksaan kualitas sebelum klaim bisa diproses.

    • Apakah bisa mendapatkan kembali biaya yang telah dibayarkan untuk membeli barang?
      Bisa, khusus barang kebutuhan non fresh food ganti rugi dilakukan secara tunai di koperasi tempat membeli barang, sedangkan untuk kebutuhan yang bersifat fresh food akan diganti barang yang sama.

    • Berapa lama barang pengganti dari barang yang dikembalikan bisa diterima?
      Barang pengganti akan dikirimkan pada saat pengiriman barang berikutnya.

    • Apakah ada biaya pengiriman untuk proses pengiriman kembali tersebut?
      Tidak ada, kami tidak mengenakan biaya pengiriman untuk barang pengganti

    • Apakah ada batas waktu pengembalian barang pesanan yang tidak sesuai?
      Untuk barang kebutuhan pokok yang sifatnya harus diterima dalam keadaan segar, seperti daging dan telur batas waktu klaim adalah 1 x 24 jam sejak barang diterima, sedangkan barang selain daging dan telur adalah 14 x 24 jam sejak barang diterima.