Frequently Asked Questions

TENTANG QOPNET

Apa itu Qopnet ?
Adalah platfoam digital yang menggunakan blockchain untuk membeli atau menjual barang-barang pokok melalui koperasi.

Apa yang Qopnet tawarkan ke koperasi ?
Sebuah sistem terintegrasi dan terus dikembangkan untuk seluruh koperasi karyawan yang ada di Indonesia yang dapat dimanfaatkan oleh koperasi secara gratis dengan menjadi mitra Qopnet

Apa Tugas Koperasi?
Menjadi pusat distribusi produk jual kepada anggota di wilayah sekitar

Apakah koperasi boleh menjual produk pokoknya sendiri ?
Boleh. Bahkan kami membuka kesempatan bagi koperasi untuk menjual produk unggulanya ke koperasi lain.

Kami memilik koperasi karyawan. Apakah bisa bergabung dengan Qopnet ?
Bisa. Dengan melakukan kesepakatan sebelumnya dan dengan melakukan pembelian barang dalam jumlah tertentu maka koperasi akan langsung mendapatkan diskon sesuai harga jual barang dari Koperasi. Maka pengguna sudah langsung memiliki hak sebagai Koperasi.

Apakah ada fasilitas khusus yang wajib dimiliki Koperasi?
Memiliki fasilitas gudang dengan luas yang cukup untuk menyimpan produk jual sementara waktu dan memiliki SDM yang cukup untuk membantu proses distribusi ke konsumen

Bagaimana cara Koperasi menjual barang?
Koperasi bersedia berkerjasama mematuhi ketentuan yang diberikan tentang maksimum produk jual dalam jangka waktu tertentu dan transparan serta jujur tentang kualitas hasil bumi yang dijual dalam jangka waktu tertentu

Apakah Koperasi bisa menjual barang di luar harga yang tercantum di website?
Koperasi diperkenankan menjual produk jual maksimal sesuai harga eceran tertinggi yang ditentukan/harga jual di website

Apakah layanan Qopnet sudah tersedia di seluruh Indonesia?
Saat ini kami sedang membuka peluang bagi Koperasi di seluruh wilayah Indonesia, sementara layanan kami baru mencakup wilayah sebagai berikut

DKI Jakarta (Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara)
Banten (Kota Tangerang)
Jawa Barat (Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Bandung)
Jawa Tengah (Kota Semarang)

KARYAWAN ATAU ANGGOTA

Saya ingin menjadi anggota bagaimana caranya ?
Registrasi dan isi lengkap data diri di halaman domain / subdomain mitra Qopnet. Tunggu approval dari HRD tempat kamu berkerja.

Apakah ada biaya pendaftaran?
Tidak ada

Apakah bisa memesan barang per item tanpa paket ?
Bisa.

Bagaimana cara pemesanan ?
Akses situs mitra qopnet.id,
1. login bila kamu sudah terdaftar.
2. Pilih produk yang kamu inginkan,
3. Tekan tombol Beli dan kemudian “Checkout”
4. Lihat code pesanan kamu, informasikan ke kasir kode pesanan kamu butuhkan untuk mengambil produk yang sudah ready.
5. Pengambilan Pesanan Jika pesanan kamu harus menunggu beberapa hari. Setelah waktu yang ditentukan, pesanan kamu siap untuk diambil.

Bagaimana prosedur pembayaran ?
Setelah anda menjadi anggota anda mendapatkan memiliki limit transaksi per bulan, untuk berbelanja di koperasi. Bulan berikut gaji adan dipotong sebanyak total nilai transaksi di bulan sebelumnya.

KOPERASI ATAU SERIKAT

Bagaimana kriteria khusus koperasi karyawan?
Koperasi Karyawan adalah badan usaha Koperasi yang menaungi karyawan dari sebuah perusahaan sebagai anggotanya, biasanya berjumlah sedikitnya 15 (lima belas)orang anggota. Anggota dari Koperasi Karyawan adalah karyawan sebuah perusahaan yang secara rutin menerima penghasilan dari upah yang diterima setiap bulannya dari perusahaan tempat karyawan bekerja.

Bagaimana cara pengambilan barang oleh konsumen ke Koperasi?
Konsumen bisa mengambil langsung barang pesanan di Koperasi atau menunggu konfirmasi dari koperasi barang sudah tersedia di koperasi.

Apakah memungkinkan mengambil barang selain dari Qopnet?
Bisa. Koperasi diperbolehkan mengambil barang dari tempat selain dari Qopnet

Apakah memungkinkan untuk tidak membayar dimuka barang yang dipesan ?
Bisa. Pembayaran mundur (paling lama 28 hari kalender) oleh Koperasi/Koperasi Karyawan bisa dilakukan apabila diijinkan oleh Qopnet dan dibuktikan dengan perjanjian kerjasama dengan pihak Qopnet

Berapa lama waktu pengiriman barang?
Barang akan dikirim selambat – lambatnya 2 (dua) hari kerja sejak pembayaran diterima oleh Kelompok Tani, atau 5 (lima) hari kerja sejak diterbitkannya Purchase Order oleh Koperasi

PENGEMBALIAN BARANG

Apakah ada prosedur pengembalian barang di Qopnet?
Ada

Bagaimana caranya jika ingin mengembalikan pesanan yang tidak sesuai pesanan?
Segera hubungi kami melalui sales@qopnet.id atau tim operasional kami.

Apa saja syarat barang pesanan yang bisa dikembalikan?
Rusak secara fisik saat barang diterima, dan sudah melebihi tanggal kadaluarsa. Akan ada pemeriksaan kualitas sebelum klaim bisa diproses.

Apakah bisa mendapatkan kembali biaya yang telah dibayarkan untuk membeli barang?
Bisa, khusus barang kebutuhan non fresh food ganti rugi dilakukan secara tunai di koperasi tempat membeli barang, sedangkan untuk kebutuhan yang bersifat fresh food akan diganti barang yang sama.

Berapa lama barang pengganti dari barang yang dikembalikan bisa diterima?
Barang pengganti akan dikirimkan pada saat pengiriman barang berikutnya.

Apakah ada biaya pengiriman untuk proses pengiriman kembali tersebut?
Tidak ada, kami tidak mengenakan biaya pengiriman untuk barang pengganti

Apakah ada batas waktu pengembalian barang pesanan yang tidak sesuai?
Untuk barang kebutuhan pokok yang sifatnya harus diterima dalam keadaan segar, seperti daging dan telur batas waktu klaim adalah 1 x 24 jam sejak barang diterima, sedangkan barang selain daging dan telur adalah 14 x 24 jam sejak barang diterima.